judul gambar
DaerahPolitik

Wakil Bupati Singkil Titipkan Pesan Masyarakat Untuk Pemerintah Pusat Via Wakil Rakyat

ABN.Id| Aceh Singkil – Wakil Bupati Aceh Singkil, H Sazali, menitipkan pesan atau aspirasi rakyat Aceh Singkil kepada Pemerintah pusat melalui Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) asal Aceh, M. Nasir Djamil, terkait dengan upaya memacu kemakmuran Aceh Singkil dan masyarakatnya melalui pemanfaatan potensi alam yang ada.

“Harapan kami kepada Pak Nasir Djamil sebagai wakil kami di pusat, tolong bantu Aceh Singkil ini, jadi mungkin bapaklah yang bisa menyampaikan aspirasi kami, Aceh Singkil ini daerah punya potensi besar dan Aceh Singkil bukan hanya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hasilnya bisa tetapi mendatangkan devisa besar,” kata Sazali sambil mengarahkan pandangannya kepada Politisi PKS asal Aceh, M. Nasir Djamil, di Aceh Singkil, Rabu (17/3).

Sazali melanjutkan, Potensi Alam yang dimiliki Aceh Singkil saat ini cukup berlimpah, hanya saja pemanfaatannya yang belum maksimal, karena keterbatasan di semua hal, baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun modal dan tehnologi industri, misalnya sumber daya alam di lautan berupa ikan dan sebagainya banyak di pasok ke luar Aceh secara mentah, demikian halnya hasil alam daratan seperti kelapa sawit masih hanya kesekedar dikelola oleh perusahaan kapasitas kecil dan milik swata.

Sejumlah kendala masih mengiringi aktivitas masyarakat dalam menjalankan kegiatan usahanya, misalnya pelabuhan yang masih belum tuntas terbangun, padahal pelabuham sangat dibutuhkan baik bagi optimalisasi produk hasil daratan maupun aktivitas para masyarakat yang berprofesi di lautan.

Disektor pariwisata, Aceh Singkil telah menjadi incaran dunia, terbukti dengan hadirnya investor Asing untuk mengembangkan pariswisata di Aceh Singkil dengan kucuran anggaran capai Rp 7 Triliun lebih.

“Pelabuhan kita sudah ada tapi tak mau selesai-selesai karena sangat sulit dalam hal sumber anggaran, begitu juga dengan pariwisata kita di Singkil lengkap, ada pariwisata pulau, ada pariwisata Hutan rawa di situ ada 600 ekor Orang Utan bukan hasil tangkap tapi asli, wisata religi, banyak makam-makam ulama yang diziarahi berbagai daerah termasuk paling besar dari Sumatera Barat, bahwa Aceh Singkil ini punya potensi besar ada juga tambang, ada rotan dan banyak lagi lainnya,” sebut Sazali merincikan

Ia optimis bila potensi alam itu dapat dimanfaatkan secara maksimal didukung oleh fasilitas yang memadai, maka keuntungan bukan hanya masyarakat dan Kabupaten Aceh Singkil yang dapat menikmatinya, tetapi juga bakal menjadi penunjang Devisa negara.

Sazali, berharap melalui pesan tersebut, akan ada jawaban Pemerintah pusat yang mampu mendorong semangat masyarakat dan Aceh Singkil ke depan, sekaligus mampu menjadi dorongan bagi Aceh Singkil dalam upaya menekan angka kemiskinan yang hingga saat ini masih menjadi juara tertinggi di Provinsi Aceh.

“Keseriusan pemerintah pusat dan Pemerintan Aceh dalam membangun Aceh Singkil ini sangat kami harapkan,” ujar Sazali.

Sementara, Nasir Djamil, yang hadir ke Singkil dalam rangka meninjau kegiatan pelatiham meble Rumah Tahanan kelas II B Singkil, menyambut baik pesan yang diutarakan oleh Pemkab Aceh Singkil, dan ia berjanji akan menyampaikan kepada Pemerintah pusat di Jakarta nantinya.

“Selaku anggota DPR RI pasti sekuat tenaga kita dorong, agar investasi ini bisa nampak jelas manfaatnya baik bagi masyarakat, daerah dan negara, karena selama ini kita sering cuma mendengar, mudah-mudahan ini teralisasi dan menjadi salah satu sektor pembangunan yang mampu mendorong Aceh Singkil ke arah yang lebih maju dan sejahtera,”demikian ujar Nasir Djamil.(Redaksi)

Editor: Dahlan
Koresponden : Ramail

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button