judul gambar
DaerahPemerintahan

Tingkatkan Pelayanan, KUA Lhoksukon Launching PTSP

ABN.Id| Aceh Utara– Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) adalah terobosan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama untuk memberi kemudahan dan kepastian pada masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari Satker di Kementerian Agama, yang proses pengelolaannya dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan yang dilakukan dalam satu tempat.

PTSP merupakan sebuah inovasi dari pemerintah dalam rangka peningkatan layanan publik, memangkas birokrasi pelayanan dan sebagai upaya menciptakan good governance yang baik sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 65 Tahun 2016 tanggal 29 Desember 2016 tentang Pelayanan Terpadu Pada Kementerian Agama.

Sebagai bentuk kepatuhan terhadap PMA Nomor 65 tahun 2016, walaupun dengan kondisi sederhana dan sudah dipersiapkan sejak 2 tahun yang lalu, maka segala  kebutuhan untuk memenuhi layanan terpadu  dan dapat  memuaskan pelayanan   kepada masyarakat, mulai dari perangkat komputer, berbagai koneksi Aplikasi,  Sumber Daya Manusia (SDM) pelayan, hingga kesadaran  masyarakat untuk memenuhi setiap persyaratan layanan, sudah diupayakan.

“Alhamdulillah, saat ini tingkat kepatuhan masyarakat Kecamatan Lhoksukon dalam memenuhi berbagai persyaratan untuk suatu layanan sudah sangat baik, mengingat hampir semua layanan di KUA saat ini dengan menggunakan aplikasi”, demikian ungkap Shaifuddin Fuady selaku Kepala KUA Kecamatan Lhoksukon.

Layanan PTSP Kantor Urusan  Agama Kecamatan Lhoksukon  terbagi menjadi dua layanan unggulan yaitu :  layanan One Day Service (ODS) dan layanan Non One Day Service (NODS), semua layanan ini semua terintegrasi dalam satu sistem aplikasi “Smart PTSP KUA Lhoksukon “, Sebuah layanan aplikasi berbasis online internet ini  untuk digunakan sebagai media pelayanan pendaftaran nikah online, media pelayanan informasi dan  sarana konsultasi yang juga bisa di akses oleh masyarakat melalui smart phone dan media oline lainnya.

“Sistem layanan PTSP KUA Lhoksukon  ini  merupakan pengembangan tekhnologi pelayanan di era digital 4.0  didesain secara khusus untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat,” kata Shaifuddin.

Lanjut Shaifuddin, Tujuan dibentuk layanan PTSP adalah untuk mewujudkan 10 layanan KUA.  Sebagaimana  tertuang dalam PMA No. 34 tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama, pasal 1 dinyatakan bahwa Kantor Urusan Agama yang selanjutnya disingkat KUA adalah Unit Pelaksana Teknis pada Kementerian Agama, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan secara operasional dibina oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota, yang bertugas melaksanakan layanan dan bimbingan masyarakat Islam di wilayah kerjanya.

Adapun fungsi KUA sebagaimana di sebutkan dalam pasal 3 PMA Nomor 34 2016 ayat (1) adalah untuk Pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk, Penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam, Pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan.

Pelayanan bimbingan keluarga sakinah, Pelayanan bimbingan kemasjidan, Pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syari’ah, Pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam, Pelayanan bimbingan zakat dan wakaf; dan, Pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan, Layanan Bimbingan Manasik Haji bagi Jamaah Haji Reguler.

Launching PTSP di KUA Lhoksukon ini, dengan pengguntingan pita diresmikan langsung oleh H. Yusri, S.Ag, M.AP, sebagai Pelaksana Harian (PLH) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara bersama Kasubag Tata Usaha (TU) Drs. Jamaluddin, M.AP, Kasi Bimas Islam H. Asnawi, S.Ag, M. Sos, beserta jajaran ASN Kemenag Aceh Utara, Jum’at (26/3).

Pada kesempatan yang sama, Kasi Bimas Islam Kankemenag Aceh Utara H. Asnawi, S.Ag, M.Sos juga menyerahkan 3 unit Ribbon Kartu Nikah

Pada kesempatan itu, Kepala KUA Kecamatan Lhoksukon Shaifuddin Fuady, S.Ag, MA, menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada Kakankemenag Aceh Utara bersama tim yang telah datang meluangkan waktu untuk meresmikan langsung PTSP.

“Kami berharap, semoga dengan di launchingnya PTSP pada  KUA Lhoksukon, kualitas layanan kepada masyarakat semakin memuaskan,” demikian harap Shaifuddin. (Redaksi)

Editor : Zulfikar
Koresponden : Mur

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button