judul gambar
Peristiwa

Terkait Beredar Foto Tim Penggalangan Dana Untuk Palestina di Jantho, Panglima LPI Berikan Klarifikasi

ABN.Id| Aceh Besar – Sebuah gambar mobil minibus jenis mirip Afanza dan seorang aktivis penggalangan dana untuk palestina beredar di media sosial, Senin (24/5).

Foto yang diposting oleh akun face Alan kabaraceh itu menuliskan caption ” Sejumlah pemuda galang dana untuk palestina di Jantho. Tidak jelas dari orangnisasi apa, dan mereka mengaku dari Kuta Blang Bireuen.”

Tak lama setelah gambar beredar sejumlah komentar dari netizen pun masuk dengan berbagai komentar.

Gambar dan caption yang beredar media sosial. Foto: screenshot laman fb/redaksi

Dari sejumlah komentar tersebut terdapat salah satu netizen dari akun fb atas nama “Bung Tuih” dan memberikan klarifikasi terhadap gambar tersebut

” Assalamu’alaikum wrb.
Terkait adanya Postingan di sebuan akun Facebook, terhadap penggalangan dana yang dilakukan oleh Tim kami Dari Pemuda Bireuen Peduli Palestina, maka dari itu saya sebagai penanggung jawab kegiatan mengklarifikasikan bahwa, Benar adanya tim kami di kawasan jantho aceh besar yang melakukan penggalangan dana untuk palestina dan dikomandoi oleh TGK BUGAK(Wakil panglima LPI Bireuen).

Dan saya mengimformasikan bahwa dalam penggalanan kami membentuk dua tim,
1.Kami membentuk Tim posko yg berada dikawasan tutu rumbia.
2.kami membentuk Tim Gerilya yang akan melakukan penggalangan dana dari kabupaten bireuen sampai ke banda aceh.

Demikian Klarifikasi yang dapat saya sampaikan, semoga tidak ada fitnah dari publik terhadap kegiatan tim kami yg sedang berjuang untuk saudara-saudara kita yg ada dipalestina.

Bagian tulisan klarifikasi dari akun Bung Tuih terhadap Gambar yang diposting oleh akun Fb alan kabar aceh. Foto: screenshot laman komentar Fb/redaksi

“HANYA KELOMPOK YAHUDI DAN NASRANI LAH YANG BENCI TERHADAP PERJUANGAN ORANG ISLAM”

“SELAMAT BERJUANG WAHAI TIM KAMI YANG ADA KAWASAN ACEH BESAR, SEMOGA LELAHMU MENJADI LILLAH, DAN SEMOGA ALLAH GANTIKAN LELAHMU DENGAN FAHALA SYUHADA FISABILILLAH”.AMIN.

Ttd: Iskandar(tuih)
Penanggung jawab.,” tulis Bung Tuih yang mengaku bernama Asli Iskandar.

Melalui via telpon seluler, Iskandar atau Bung Tuih mengaku bahwa aksi tersebut merupakan inesiatif para pemuda bireuen dari sejumlah organisasi kemasyarakatan yang berbagung dalam wadah Pemuda Bireuen peduli palestina.

“Kami dari sejumlah oraganisasi kemasyarakatan tergabung dalam pemuda bireuen peduli palestina,” kata Iskandar, yang mengaku pihaknya kerab menggalang dana serupa untuk menyumbang kepada masyarakat yang membutuhkannya baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kecuali itu, pria yang menyebutkan diri sebagai wakil panglima LPI itu juga mengaku pihaknya akan mengakhiri penggalanan dana tersebut dalam waktu dekat ini sebagaimana yang sudah dijadwalkan sembari menyerahkan dana tersebut kepada pihak yang akan menyalurkan langsung sejumlah dana tersebut kepada masyarakat Palestina nantinya.

“Kegiatan ini akan berakhir dalam waktu dekat ini dan sembari penyerahan kepada utusan yang akan menyalurkan dana ini kepada masyarakat Palestina, dan ini benar-benar kami bermuamalah bukan untuk mencari ke untungan disini,” demikian jelas Iskandar.

Sementara, sebelum Foto mobil dan sejumlah pemuda yang melakukan penggalangan dana itu beredar, sejumlah masyarakat di Kota Jantho sempat mempertanyakan kehadiran tim tersebut dan beberapa orang di Pasar jantho sempat terlihat berbicara langsung dengan para aktivis selanjutnya warga membiarkan aktivitas tersebut berlangsung begitu saja.

Namun, sejumlah warga lainnya juga sempat menjadi bahan pembicaraan di warung kopi, karena mendengar pengakuan salah seorang aktivis penggalangan dana tersebut, kalau mereka berasal dari daerah Bireuen.

“Dari bireuen pubut ijak mita sumbangan kenoe, di sinoe kon na awak galang cit ? ( Dari Bireuen kenapa menggalang dana kemarin, bukannya disini ada juga pengalangnya- read),” ujar salah seorang warga sambil minum kopi di salah satu warkop di pusat Kota Jantho.

Sebelumnya, seruan untuk penggalangan dana dalam rangka membantu umat islam di Palestina pasca berkecambuknya perang antara Palestina dan Israel sempat di sampaikan oleh Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini AW sebagaimana yang di publis media ini edisi 13 Mei 2021.

Namun, Waled Husaini juga mewanti wantikan agar masyarakat juga dapat lebih cermat dalam menyumbang, guna mencegah potensi pihak pihak yang ingin memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari keuntungan pribadi atau kelompok.

Amatan media ini, di sejumlah titik di Banda Aceh juga tampak sejumlah pemuda dan mahasiswa yang melakukan penggalangan dana atas nama bantuan untuk Rakyat palestina.

Sejumlah daerah di Aceh juga sempat di beritakan oleh media massa telah mengumpulkan sejumlah uang untuk memyumbang kepada rakyat palestina.

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi secara detil terkait jumlah total yang sudah terkumpul dana untuk palestina di Aceh, mengingat sejumlah pihak masih terus menggalang. (Redaksi)

Penulis : Dahlan
Editor : Chandra D

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button