judul gambar
PeristiwaPolitik

Tak Punya Anggaran, Pilkada Aceh Dikabarkan Gagal Digelar di 2022

ABN.Id| Banda Aceh– Dapat dipastikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Aceh yang diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun 2022 sejalan dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur Aceh, dan sejumlah Bupati dan Wali kota di Aceh, tidak dapat terealisasi, karena tidak memiliki anggaran.

Dikutip dari salah satu media online produksi Aceh, edisi Jumat (2/4) merilis bahwa Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, telah mengeluarkan pernyataan bahwa keputusan dari Pemerintah Aceh yang diterima KIP Aceh. Pemerintah Aceh tidak memiliki anggaran untuk menggelar Pilkada tahun 2022.

“Gubernur sudah keluarkan surat, tidak ada duit untuk melakukan Pilkada, Kemungkinan besar pilkada (2022) dibatalkan,” kata Akmal Afzal, Jum’at (2/4/2021) malam, tulis media tersebut.

Dikutip dari sumber lain, bahwa KIP Aceh akan menetapkan keputusan soal Pilkada Aceh, Jumat malam melalui pleno yang akan digelar oleh KIP Aceh.

“Sebentar ya kami sedang membahasnya langkah-langkah yang akan kami ambil nanti. Jam 20.00 WIB kami akan plenokan keputusannya, mohon bersabar,” kata Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, tulis media online lainnya.

Sebelumnya dirilis di media massa pihak KIP Aceh baru saja menerima surat dari Gubernur Aceh terkait dengan Kebutuhan anggaran yang direncanakan untuk melaksanakan Pilkada Aceh tahun 2022. Dalam surat yang diterima KIP Aceh tersebut, Pemerintah Aceh menyatakan tidak memiliki anggaran untuk dapat digunakan sebagai biaya Pilkada Aceh tahun 2022.

Secara resmi belum ada informasi akurat dari KIP Aceh, nasib Pilkada Aceh untuk pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/wakil Walikota yang rata rata habis masa jabatan pada tahun 2022 mendatang.

Tapi bila berpedoman pada penyataan Komisioner KIP Aceh Akmal Afzal dari kutipan di atas, maka Pilkada Aceh Gagal dilaksanakan tahun 2022.

Sementara sejumlah pihak dari partai politik terutama partai lokal hingga saat ini masih berharap sangat agar Pilkada Aceh dapat dilaksanakan di tahun 2022, meski Pemerintah pusat telah menetapkan pelaksanaan pemilu dilaksanakan serantak pada tahun 2024.(Redaksi)

Penulis : Dahlan
Editor : Chandra D/Zulfikar
Sumber : Berbagai Sumber

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button