judul gambar
HukumPeristiwa

Rutan Jantho Gelar Razia Serentak, Sejumlah Barang elektronik Buatan Ditemukan

ABN.Id| Aceh Besar – Menindaklanjuti perintah Direktur Keamanan dan ketertiban, Direktorat Jendral Pemasyarakatan, Kemenkumham RI nomor PAS.2-PK.02.10.02-143, hal Razia serentak dalam rangka memperingati haribakti permasyarakatan ke 57, tahun 2021.

Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Jantho menggelar Razia di 25 Kamar hunian di Rutan tersebut, Selasa malam (6/4).

Razia dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Kelas II B Jantho, Ir. Bambang Waluyo, yang dilaksanakan mulai pukul 21.00- 00.00 WIB. Selasa malam.

Razia tersebut melibatkan 42 sipir Rutan Jantho dibantu oleh 5 personil dari Polres Aceh Besar yang dibagi dalam tiga regu, setiap regu menyisirkan perblok dari tiga blok yang ada di Rutan Jantho.

Dari razia tersebut petugas menemukan 13 buah Hand Phone seluler berbagai merek, dua buah Charger Hend Phone rakitan serta sejumlah tali USB. Tidak ditemukan narkoba dan peralatan yang mencurigakan lainnya.

“Razia ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti perintah Dir Kamtib Dirjen Pemasyarakatan kemekumham RI, dalam upaya mencegah beredarnya pengunaan berbagai barang dan peralatan terlarang di dalam lingkungan Rumah tahanan Jantho,” kata Ka Rutan Kelas II B Jantho, Ir. Bambang Waluyo didampingi KaKPR Rutan seyempat Ferri Irawan,SH di Rutan Jantho, Selasa malam ini.

Bambang menambahkan, Razia serupa juga rutin dilaksanakan setiap pekan atau empat kali setiap bulan berjalan.

“Kegiatan ini juga rutin kita lakukan setiap pekan, namun penggeledahan dilakukan secara acak,”sebut Bambang.

Kecuali itu, dalam upaya mencegah masuk berbagai barang dan alat terlarang ke dalam rutan, petugas juga memperketat penjagaan di pintu utama dan melakukan pengeledahan badan pengunjung (selama masa diizinkan tamu berkunjung- read) dan barang titipan.

“Setiap tamu yang berkunjung (saat ini tamu tidak diizinkan berkunjung-read) dan barang dititip melalui kurir tetap kita geledah secara ketat dan teliti,” tambahnya lagi.

Sementara untuk sistem penggeledahan pada Razia serentak Selasa malam tersebut, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KaKPR), Ferri Irawan, SH, menyebutkan selain membagi tim dalam tiga regu yang diberikan tugas untuk menyiris masing-masing blok yang ada, petugas juga mengeledah setiap bagian bagunan rutan baik dalam maupun luar Kamar hunian, Tong sampah, Selokan hingga ke berbagai sudut yang dinilai berpotensi dijadikan sebagai tempat disembunyikan berbagai barang terlarang.

“Sejumlah hand Phone kita temukan di tong sampah yang dibalut dengan plastik atau pakaian bekas serta dibagian plapon bagunan di bagian luar kamar,” kata Ferri diiyakan oleh Ka Rutan Kelas II B Jantho, Bambang waluyo.

Setelah dikumpul seluruh barang elektronik dan peralatan elektronik yang berhasil disita direncanakan akan dimusnahkan.

“Barang elektronik ini nantinya akan kita musnahkan,” demikian pungkas Bambang Waluyo.(Redaksi)

Penulis : Dahlan
Editor : Chandra D

Show More
judul gambar judul gambar judul gambar judul gambar judul gambar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button