judul gambar
DaerahPendidikan

Puluhan Guru Pemula Kemenag Aceh Besar Ikuti Pelatihan Penyusunan Dupak

ABN.Id| Aceh Besar – Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru pemula. 70 orang guru di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, mengikuti pelatihan “cara penyusunan DUPAK (Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit)” bertempat di Aula Madrasah Terpadu Tungkob, Aceh Besar, Selasa (9/3).

Pelatihan cara penyusunan dan pengisian DUPAK menghadirkan 2 pemateri dari Kementerian Agama yaitu, Hj. Nuranifah, S.Ag., Tim Penilai Dupak kanwil Kemenag Aceh, dan Uswatun Hasanah, S.Pd.I.

Nuranifah dalam paparan materinya menyampaikan, bahwa setiap guru penting memiliki perencanaan tahunan untuk pengembangan diri, berupa kegiatan yang akan dilakukan yang memenuhi nilai angka kredit.

Nuranifah juga mengapresiasi para guru pemula yang memiliki semangat dan inisiatif untuk berkumpul bersama dalam meningkatkan kapasitas terutama pengisian DUPAK sebagai wujud kompetitif dalam peningkatan karier.

Pemateri ke 2 Uswatun Hasanah, S.Pd.I. menyampaikan bagi guru pemula dalam pengisian DUPAK harus memperhatikan serta membaca Peraturan menteri PANRB No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional guru dan Angka kreditnya sebagai pedoman.

“Guru pemula juga melihat pangkat atau golongan yang dimiliki, kebutuhan kenaikan pangkat dapat disesuaikan dengan pengembangan diri, jangan setiap tahun isi DUPAK tetapi tidak memperhatikan pangkat atau golongan yang dimiliki,” papar Uswah.

Koordinator Forum Guru Milenial yang memprasakarsai terlaksananya kegiatan pelatihan pengisian DUPAK, Eva Maulida, M. Pd. mengatakan pelatihan tersebut sangat membantu para guru pemula dalam pengisian DUPAK.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kebersamaan kami sebagai guru pemula dalam meningkatkan kompetensi serta karier. Pelatihan penyusunan yang disampaikan oleh para ahlinya telah memperkaya wawasan kami sebagai guru pemula yang perlu banyak bimbingan dan pengembangan kompetensi oleh pemangku kebijakan,” ujar Eva.

Eva juga berharap kepada seluruh guru pemula dapat bergerak bersama dan saling berbagi informasi terutama dalam kegiatan yang bersifat menunjang peningkatan kompetensi serta selalu solid memajukan dunia pendidikan, terutama di lingkungan Kementerian Agama.

“Pelatihan penyusunan DUPAK bagi guru pemula untuk tahap selanjutnya, dalam waktu dekat ini, akan kita laksanakan secara intensif dan khusus sampai para guru paham dan dapat mengisinya di aplikasi DUPAK karena masih banyak guru yang menginginkan pelatihan lanjutannya,” demikian tutup Eva.

Secara terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar Tgk H Abrar Zym, S.Ag,. MH mengapresiasi kegiatan yang dilakukan forum guru milenial melaksanakan pelatihan penyusunan DUPAK bagi guru pemula.

“Kegiatan kesejawatan seperti ini yang kita harapkan, guru pemula berkumpul dan duduk bersama untuk mengembangkan kompetensi. Sebagai Guru milenial langkah inisiatif membuat pelatihan sendiri sudah tepat, tidak menunggu dan dipanggil pada acara pelatihan resmi yang dibuat oleh kantor kemenag atau lembaga pemerintahan lainnya,” kata Abrar.

Ia berharap semua guru pemula Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar yang baru selesai menerima sertifikat induksi, memiliki inisiatif dan semangat tinggi dalam meningkatkan kompetensi untuk menjadi guru yang profesional dan akuntabelitas.

Pelatihan pengisian DUPAK tersebut digagas oleh Forum Guru Milenial Kementerian Agama Aceh Besar. Peserta pelatihan sangat antusias dan banyak pertanyaan yang ditujukan kepada pemateri selama pelatihan berlangsung. (Redaksi)

Editor : Dahlan
Koresponden : Mur

Show More
judul gambar judul gambar judul gambar judul gambar judul gambar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button