judul gambar
DaerahHukumTNI & Polri

Polres Simeulue Amankan Kapal Ikan Ilegal Berawak 5 Warga Sibolga Sumut

ABN.Id| Simeulue – Sebanyak lima orang Anak Buah Kapal dan Nahkoda bersama satu unit Kapal penangkap ikan diamankan oleh Satuan Polisi Air yang bertugas di perairan Sinabang, Kabupaten Simeulue, Selasa (9/2) sekira pukul 22.00 WIB.

Penangkapan dipimpin oleh Kepala Satuan Polisi Airud Polres Simeulue, IPDA Sudirman Laili, saat melaksanakan Patroli Rutin di seputaran laut Wilayah hukum Polres setempat.

Kapolres Simeulue AKBP, Agung Surya Prabowo, S.I.K., melalui Kasat Reskrim IPTU Muhammad Rizal, S.E., S.H. melalui rilis yang diterima media ini, mengatakan penangkapan terhadap satu unit kapal Ikan asal luar Aceh itu dilakukan sekitar pukul 22.00 Wib, Selasa malam.

Kapal dan Kruw ABK berasal dari Sibolga, Sumatra utara. Diduga hendak melakukan penangkapan ikan di kawasan laut Simeulue menggunakan alat tangkap terlarang serta kapal dimaksud juga tidak memiliki legalitas yang seharusnya dimiliki oleh sebuah kapal ikan yang berizin.

“Penangkapan itu pada saat Personil Satpol Airud sedang melaksanakan Patroli Rutin di seputan Perairan Laut kepulauan Simeulue, menindaklanjuti laporan dari masyarakat nelayan setempat,” kata Kapolres Simeulue.

Lebih lanjut kata Kapolres Agung Surya, kapal berukuran besar itu kini sudah diamankan pihaknya yang disandarkan di pelabuham Cargo lama di Simeulue dan Nahkoda beserta empat ABK lainnya diamankan di Mapolres setempat untuk menjalani proses lebih lanjut.

“Satu unit Kapal itu sudah diamankan di Pelabuhan Kargo lama simpang Lima Sinabang, kemudian satu orang Nahkoda dan satu orang ABK kapal tersebut kita amankan di Mapolres Simeulue, untuk dimintai keterangan terkait tentang kelengkapan Dokumen Surat izin,” demikian tukas Kapolres.

Adapun Kruw yang diamankan dari Kapal ikan tersebut adalah EN(43) sebagai Nahkoda Kapal, tercatat sebagai warga Desa Sarudik Kecamatan Sarudik Sibolga, FAH (50) menyandang identitas sebagai warga Desa Simare-mare Kecamatan Sibolga Utara, TU (37), SE (38), dan YU (47) seluruhnya merupakan warga Sibolga Sumatra Utara dan berstatus sebagai anak buah kapal (ABK).

Kecuali 5 warga Sibolga dan satu unit Kapal Ikan “KM. MUSARA BINTANG” dalam penangkapan tersebut polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti lainnya, diantaranya adalah Satu buah Kompas, Tiga antena, 1 rusak, Dua buah Gps( Garmin 585 +, omwa KP 128), Satu pish pinder, Satu unit handphone merk oppo, Satu unit handphone merk samsung, dan Satu unit handphone merk hamer. (Redaksi)

Editor : Dahlan
Kontributor : Alis Anizar

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button