judul gambar
DaerahPendidikanSuara Rakyat

Peringati Hardiknas,Pemerintah Bener Meriah Diminta Perhatikan Kesejahreraan Guru Honorer

ABN.Id| Aceh Tengah – Yudi Gayo salah seorang Mahasiswa asal Kabupaten Bener Meriah meminta agar Pemerintah setempat Bertanggung Jawab atas hak untuk mendapatkan pendidikan bagi semua masyarakat dan perhatian terhadap gaji para tenaga pendidik yang berstatus honorer.

“Semua orang berhak dalam mendapatkan pendidikan yang layak, tidak ada perbedaan kasta dalam mendapatkan pendidikan mau itu kaum elit dengan rakyat miskin kota, juga semua guru pendidik juga berhak mendapatkan fasilitas yang sebanding dengan apa yang dilakukannya, semua telah diatur dalam Undang-undang Dasar,” ujar Yudi melalui keterangan tertulisnya, Senin (3/5).

Menurutnya , setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak memperoleh pendidikan dan memperoleh manfaat
dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan
kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.

Lanjut Yudi, bahwasanya dalam Pasal 32 ayat (2) UUD 1945 (pasca perubahan) juga merumuskan bahwa setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar, sedangkan pemerintah wajib membiayainya.

“Dan Pasal 31 ayat (3) dan (4) menegaskan bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk mengusahakan penyelenggaraan pengajaran nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memprioritaskan anggaran sekurang-kurangnya 20 persen dari APBN dan APBD. Hak atas pendidikan sebagai bagian dari hak asasi manusia di Indonesia, tidak sekedar hak moral melainkan juga menjadi hak konstitusional,” tegasnya.

Kecuali itu Yudi juga menyoalkan terkait kondisi tenaga didik yang berstatus honorer.

“Mestinya dalam Memperingati Hari Pendidikan Nasional ini jangan hanya menjadi simbolis saja, melainkan apa yang telah menjadi kewajiban harus dijalankan, Sehingga kabupaten Bener Meriah Ini Bisa Menciptakan Penerus-penerus yang memiliki pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing,” tegas Yudi.

“Untuk kedepannya Pemerintah Kabupaten Bener Meriah harus lebih Memperhatikan Pendidikan untuk kaum yang kurang mampu dalam ekonominya dan meningkatkan Kualitas Pendidik yang ada Di Bener Meriah. Karena sering terjadi putusnya pendidikan seorang pelajar yang menempuh dalam melanjutkan pendidikan diakibatkan oleh lemahnya ekonomi keluarga dalam membiayai pendidikan anaknya,” Ujar Yudi.

“Mestinya yang harus diperhatikan Pemerintah kabupaten Bener Meriah dari Kualitas dan kesejahtran Guru Pendidik harus juga diperhatikan dari segi gaji dan fasilitasnya, karena sering terdengar keluh kesah yang disampaikan oleh para pendidik yang masih berstatus honor, dimana gaji Mereka tidak sesuai dengan apa yang mereka lakukan. ini justru berpengaruh dalam peningkatan kualitas Guru pendidik untuk menciptakan generasi kabupaten Bener Meriah yang berkualitas serta berdaya saing,” timpalnya lagi. (Redaksi)

Editor: Chandra D
Koresponden : Mur

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button