judul gambar
NasionalPeristiwa

PAS Jakarta Biayai Pemulangan Dua Jenazah Narapidana dari Cilacap Jawa Tengah

ABN.Id|Banda Aceh – Dua Narapidana warga Aceh yang meninggal dunia di Nusakambangan, Cilacap Jawa Tengah, dikabarkan malam ini akan diantar ke Gampong kediaman masing-masing oleh tim yang dipimpin Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin.

Permasalahan tersebut sempat menjadi perhatian serius pihak YARA dikarenakan pihak LAPAS bersangkutan terkesan tidak tanggungjawab setelah kedua Narapidana tersebut meninggal dunia dan disemayamkan di Rumah Sakit di kawasan Cilacap, sebagaimana yang dirilis media ini edisi, Minggu (7/3).

Pihak YARA sempat mendesak Kemenkumham untuk berfanggungjawab dan mengadu kepada bapak presiden RI Ir. H Joko Widodo melalui tulisan yang dipamerkan oleh aktivis YARA dengan bacgrond Palang Kantor Kemenkumham Wilayah Aceh.

Namun, sekitar pukul 22.30 WIB Minggu malam (7/3) Redaksi aceh.beritanasional.id, kembali menerima pesan elektronik Humas YARA, bahwa jenazah Syarifuddin Bin Ibrahim (45) asal Lhokseumawe, Zefri Syarifuddin (29) asal Gayo Lues, malam ini siap diantarkan ke kampung asal keduanya setelah tiba dari Jakarta melalui Bandara Sultan Iskandar Muda.

“Alhamdulillah kedua Jenazah warga Aceh telah diberangkatkan malam ini, saya di kabarkan langsung oleh Kadiv PAS Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Pak Meurah Budiman tadi jam 21.30” Tulis Humas YARA atas Nama Ketua YARA, Safaruddin.

Safaruddin menyebutkan bahwa sempat mengkomunikasikan dengan sejumlah pihak, seperti Anggota DPR RI asal Aceh, Nasir Jamil, pengurus Persaudaraan Aceh Serantau ( PAS) di Jakarta.

Seluruh Biaya pemulangan kedua Jenazah tersebut, kata Safaruddin ditanggung oleh Pengurus Persaudaraan Aceh Serantau (PAS).

“Seluruh biaya ditanggulangi oleh PAS dan malam ini telah diberangkatkan ke kediaman asalnya masing-masing,” Tulisnya lagi, namun tidak disebutkan berapa nominal Biaya yang dikeluarkan untuk pemulangan kedua Jenazah tersebut.

Seiring dengan adanya informasi telah berhasil dibawa pulang kedua Jenazah Narapidana uang menjalani hukuman di Nusakambangan pasca pemindahan beberapa waktu lalu, pihak kelaurga menyambut gembira seraya mengucap terimakasih kepada pihak yang telah membantu menyukseskan pemulangan anggota keluarganya itu.

“Atas nama keluarga saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pemulangan jenazah ini, terutama pak Nasir Djamil, pengurus Persaudaraan Aceh Serantau (PAS), pak Meurah Budiman Kadiv PAS dan dr Sudiro yang mengurus teknis di RSU Cilacap semoga hal seperti ini kedepannya menjadi masukan kepada Kemenkumham agar disediakan anggaran pemulangan warga binaan baik itu pulang dalam keadaan hidup ataupun meninggal, dan negara bertanggungjawab terhadap hak warga negaranya”, tutup Safar atas Nama keluarga Jenazah. (Redaksi)

Editor : Zulfikar
Sumber : Surat Elektronik Humas YARA

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button