judul gambar
EkonomiPendidikan

Koperasi di Langsa Akan Terapkan Sistem Syari’ah

Berita Nasional Aceh- Kota Langsa| Koperasi konvensional yang selama ini beroperasional di Provinsi Aceh, termasuk di Kota Langsa akan segera berbenah dan beralih pola Syari ah.

Perubahan pelaksanaan sistem koperasi di Aceh ini khususnya Kota Langsa, merupakan konsekuensi dari berlakunya Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Hal tersebut dilaporkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Langsa yang di wakili oleh sekretaris Dinas Koperindag Kota Langsa, Samsul Bahri, pada pelatihan pelaku Koperasi di Langsa, Selasa (22/6).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Langsa yang diwakili oleh sekretaris Dinas Koperindag Kota Langsa, Samsul Bahri. Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari pengurus, Pengelola Koperasi se-Kota Langsa, yang berlangsung di Black coffee, Kota Langsa.

“Pada Pasal 65 Qanun LKS menyebutkan bahwa lembaga keuangan yang beroperasi di Aceh, wajib berprinsip syariah. Tenggang waktu peralihan ke syariah paling lama tiga tahun sejak Qanun LKS diundangkan,” kata Samsul Bahri.

Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UKM Pada Dinas Koperindag Kota Langsa, Nazaryanti, SE, juga menyebutkan bahwa pelatihan Luring dimaksud merupakan Perubahan Koperasi Konvensional ke Syariah. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari (22-24) Juni 2021.

Untuk tahap pertama ini, pemerintah hanya mampu memberikan pelatihan tersebut kepada 40 orang pengurus atau pengelola dari jumlah total Koperasi yang ada di Kota Langsa.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini jumlah Koperasi di Kota Langsa tercatat mencapai 362 Koperasi, namun yang sudah melaksanakan RAT hanya 16 Koperasi.

Diharapkan melalui pelatihan tersebut dapat mendorong pelaku koperasi menjalankan sistem operasionalnya secara Syariah.

“Kita berharap melalui pelatihan ini mampu mendorong pengetahuan pengurus Kooperasi (peserta) dalam memgoperasikan lembaganya dengan sistem Syariah nantinya,” demikian harap Nazaryanti. (Redaksi)

Editor: Zulfikar
Koresponden: Mus

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button