judul gambar
TNI & Polri

Kapolsek Kota Jantho Ingatkan Warga Soal Transaksi Online

ABN.Id| Aceh Besar – Sejak dua hari lalu, Kapolsek Kota Jantho Aceh Besar, memposting sebuah himbauan melalui akun media sosial berbentuk himbuan kepada masyarakat dalam wilayah hukumnya.

“Waspada !!! Penipuan Online, untuk warga Kota Jantho hati-hati dalam bertransaksi online,” tulis Kapolsek Kota Jantho, Ipda Reza Sahputra, SE, dalam benner yang dipostingnya.

Dalam benner tersebut, Kapolsek Kota Jantho juga menisi dengan beberapa tips untuk menghindari jadi korban transaksi online, diantaranya adalah memastikan situs yang dijadikan tempat belanja dapat terpercaya, mengecek akun media sosial si penjual atau sipenawar barang yang akan dibeli, memastikan gambar barang yang akan dibeli, dan terakhir memastikan nomor rekening penerima transfer biaya belum pernah dilaporkan.

Saat dikonfirmasi media ini, Kamis (25/2) Kapolsek Reza mengatakan himbauan tersebut dikeluarkan seiring dengan adanya sejumlah laporan masyarakat yang diterimanya baik melalui lisan dan tulisan selama ini. Oleh karena itu pihaknya mengeluarkan himbauan tersebut, guna mengingatkan maayarakat agar lebih berhati – hati dalam melakukan transaksi atau barang secara belanja online.

Reza juga menambahkan, bahwa aksi para penipu yang memanfaatkan dunia maya selama ini, untuk mendapatkan keuntungan pribadinya, tidak jarang mengatasnamakan oknum tertentu atau instansi tertentu.

“Tidak jarang korban terkecoh dengan sebutan nama dan instansi tertentu, sehingga dengan mudah korban menuruti keinginan sipelaku, maka sebelum melakukan tindakan hendaknya mengecek terlebih dahulu akan kebenaran informasi dari sumber yang bersangkutan,” pesan Kaposek Reza lagi.

Direncanakan himbauan serupa tidak cuma disebarkan melalui akun media sosial milik pribadinya, tapi juga melalui akun media sosial resmi Polsek Kota Jantho dan penempatan fisik poster di beberapa lokasi yang dianggap mudah dan cepat ditemukan masyarakat.

“Himbauan ini juga akan kita tempatkan di area perbankan yang mempunyai ATM di Kota Jantho,” jalas dan pungkas Ipda Reza Sahputra. (Redaksi)

Penulis/Editor : Dahlan

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button