judul gambar
EkonomiPemerintahan

Geuchik Sital Edukasi Warga Tentang Perkarangan Rumah Produktif

ABN.Id| Simeulue – Perangkat Gampong Sital, Kecamatan Tepah Barat Kabupaten Simeulue, secara bersama-sama menggelar goyong royong pembersihan lahan perkarangan Kantor Keuchik setempat, Kamis (11/3).

Perkarangan kantor yang dibersihkan oleh perangkat Gampong setempat ingin dijadikan sebagai sarana budidaya sayur-mayur dan sejumlah tanaman obat tradisional, dengan tujuan untuk pemanfaatan lahan kosong di sekitar kantor dan sekaligus mengedukasikan warga untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumahnya sebagai area produktif.

Geuchik Sital, Ariana kepada media ini menjgatakan, program pemanfaatan lahan pekarangan ini telah lama dianjurkan pemerintah daerah, hanya saja pelaksanaan di lapangan belum maksimal, oleh karena itu kami atas nama Pemerintah gampong mencoba untuk memberikan contoh kepada warga, supaya hal tersebut juga ditiru oleh warga di Gampong setempat.

“Pemanfaatan lahan pekarangan kantor Keuchik ini bukan hanya tahun ini saja, sebelumnya juga telah pernah ditanami cabai dan sayuran-aayuran yang hasilnya dibagikan kepada seluruh staf maupun warga di sekitar kantor desa,” kata Ariana.

Arina menghimbau agar warga juga segera memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk menanami sejumlah tanaman yang dapat dimanfaatkan baik untuk penungjang kebutuhan hari-hari maupun untuk bahan obat-obatan dalam pertolongan pertama bagi anggota keluarga maupun lingkungan sekitar.

“Umumnya masyarakat kita di sini memiliki perkarangan rumah yang luas dan subur, maka potensi itu perlu kita manfaatkan sembari menjadikan lingkungan rumah berdayaguna dalam menunjang ekonomi dan kebutuhan pemilik rumah,” demikian sarannya.

Ia optimis, bila warga mampu memanfaatkan area perkarangan rumah yang ada diisi dengan tanaman sayur-mayur seperti, cabai, tomat, kunyit, umi kayu sejumlah bahan sayur-mayur lainnya, pasti dapat membantu ekonomi keluarga. Setidaknya untuk sayur-mayur tidak harus dibeli lagi, tetapi dapat dipetik di taman “sehat ” perkarangan rumahnya sendiri.

“Bila dimanfaatkan dengan baik perkarangan rumah, bukan saja dapat menghemat ekonomi untuk belanja sehari-hari, tapi bisa jadi dapat menjadi sumber penambahan ekonomi keluarga,” demikian ujar Ariana, semangat.

“Mudah-mudahan dengan adanya praktek pemanfaatan perkarangan kantor Keuchik ini oleh kami, warga juga ikut mencontoh dan menerapkan di perkarangan rumah masing -masing,” demikian tambah dan pungkas Ibu Geuchik Ariana. (Redaksi)

Editor: Dahlan
Koresponden: Juli

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button