judul gambar
DaerahKesehatanPemerintahan

Dorong Ketersediaan Darah di Masa Pandemi, Pemerintah Kembali Kumpul 136 Kantong Darah

Berita Nasional Aceh – Banda Aceh| Sebanyak 136 kantong darah terkumpul dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh yang bertugas pada lima Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), Kamis (12/8).

Kelima SKPA tersebut adalah Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Lembaga Baitul Mal Aceh.

“Alhamdulillah ini capaian yang menggembirakan. Mudah-mudahan sumbangan darah dari para ASN ini membawa manfaat besar bagi mereka yang membutuhkan,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, dalam keterangannya di Banda Aceh, Kamis (12/8).

Menurut Iswanto, donor darah itu dilaksanakan bekerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh, sembari merinci, capaian kantong darah yang terkumpul dari masing-masing SKPA , yaitu, Dinas Kesehatan terkumpul 38 kantong, Dinas Pertanian dan Perkebunan 17 kantong, Dinas Pendidikan 39 kantong, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan 17 kantong dan Baitul Mal Aceh 1 kantong.

Lebih lanjut Muhammad Iswanto menyebutkan, aksi donor darah rutin ASN itu terus dimaksimalkan selama pandemi covid-19, guna memastikan tercukupinya kebutuhan darah untuk dunia medis. Hal itu lantaran kebutuhan darah di masa pandemi saat ini juga mengalami kenaikan, karena frekuensi transfusi juga meningkat tajam.

Gerakan pegawai Pemerintah Aceh mendonorkan darah rutin digelar sejak tahun 2020 lalu. “Awalnya memang dimulai dari arahan Bapak Gubernur. Tapi saat ini sudah menjadi tradisi para pegawai Pemerintah Aceh, setiap tiga bulan sekali secara rutin mendonorkan darah mereka,” kata Iswanto.

Sementara itu Ketua PMI Cabang Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqni mencatat, sejak digagas pada Mei hingga Desember 2020 lalu, aksi donor darah ASN Pemerintah Aceh sangat membantu dalam hal mencukupi kebutuhan darah di Banda Aceh.

“Sejak digagas dulu, aksi donor darah ini juga telah menjadi agenda rutin dan masuk ke dalam kalender kegiatan setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh. Setiap giliran donor tiba sesuai kalender, petugas PMI akan berkunjung ke SKPA untuk memfasilitasi aksi donor darah,” tutur Qamaruzzaman. (Redaksi)

Editor: Dahlan

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button