judul gambar
DaerahPeristiwa

Disebut-Sebut Data Tidak Valid, Puluhan KPM BST di Simeulue Tak Dapat Jatah

Berita Nasional Aceh- Simeulue| Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kecamatan Teupah Barat, Simeulue tetpaksa harus kembali ke rumah masing- masing dengan “Tangan kosong” pasca belum terealisasinya BLT yang seharusnya mereka terima.

Ratusan masyatakat dari Kecamatan Teupah Barat Simeulue, sejak Sabtu pagi (30/7) telah hadir di lingkungan Kantor Camat setempat, dalam rangka menjemput jatahnya berupa uang senilai Rp 600 ribu per keluarga dari program Bantuan Sosial Tuanai (BLT) tahun 2021.

Tapi sayang, meski hingga sore hari mereka (KPM) menunggu di lokasi tempat rencana BLT disalurkan, namun mereka tidak mendapatkan apa-apa, karena sejumlah nama KPM dimaksud disebut sebut tidak sesuai data yang ada.

“Sejak pagi hingga sekarang kami menunggu di kantor ini, tau-tau uangnya tidak bisa kami ambil, tapi sebagian ada yang bilang nama kami sebagai penerima BST berada dalam data desa lain. Sangat disayangkan seharusnya data ini sudah diperbaiki, karena setiap pengambilan dana BST data kami selalu saja keliru seperti hari ini,” ujar Indah Sari, salah seorang KPM warga dari Gampong (Desa) Leubang, Kecamatan Teupah Barat, Simeulu, kepada media ini, Sabtu sore tadi.

Di tempat yang dama, TKSK Teupah Barat, Hendra S.Sos.i yang dikonfirmasi media ini, membenarkan ada sejumlah warga yang belum dapat direalisasi BLTnya karena tidak sesuai dengan data yang dimiliki pihaknya.

“ Untuk data KPM (Keluarga Penerima Manfaat) itu langsung dari Pusdatin Kementerian Sosial Republik Indonesia. Untuk perbaikan data sudah dicoba perbaikan di Dinsos Simeulue, untuk hari ini masih memakai data yang lama,” kata Hendra.

Hendra menyarankan bagi yang belum menerima BLT, KPM dapat menghubungi Kantor Pos terdekat,” saran Hendra.

Secara terpisah, Kepala Dinas Sosial T.Ridwan SP. Yang dihubungi melalui saluran telepon selulernya, mengaku hingha saat ini masih sedang melakukan validasi data BLT dan dipastikan akan selesai Sabtu malam ini.

“Hingga malam ini Dinsos Simeulue terus melakukan upaya validasi data, dan hari ini terakhir deadline yang berikan oleh kemensos untuk perbaikan data tersebut”. Demikian jelas Kepala Dinas Sosial Simeulue, T Ridwan, SP.

Amatan wartawan media ini, para KPM BLT dari Kecamatan Teupah Barat itu, sejak pagi hari Sabtu tadi telah berdatangan ke Kantor Camat setempat dengan mengemdari berbagai jenis kendaraan yang ada. Sebahagian telah kembali dan sejumlah lainnya menunggu hingga malam hari. (Redaksi)

Editor: Dahlan
Koresponden: Alis

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button