judul gambar
AdvetorialPemerintahan

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Besar Optimalkan Program 1H 2G

ABN.Id| Aceh Besar – Penguatan BUMG (Badan Usaha Milik Gampong) adalah jawaban sebagai usaha peningkatan kesejahteraan rakyat. Oleh sebab itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Besar melakukan program 1H 2G untuk memberdayakan BUMG yang ada di Aceh Besar.

Carbaini Kepala Dinas DPMG mengatakan, Dinas DPMG akan terus mendorong setiap gampong untuk menghidupkan usaha milik gampong.

“Kita akan terus membantu agar semua gampong memiliki BUMG yang kemudian bermanfaat bagi masyarakat gampong,” Katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pendamping desa yang selama ini terus bekerja sama dengan DPMG dalam menghidupkan BUMG.

“Terimakasih kepada pendamping desa, karena di lapangan mereka sangat membantu mulai dari survey sampai pendampingan,” Tuturnya.

Selanjutnya Kepala Bidang BUMG Aceh Besar Ikhsan mengatakan, program tersebut adalah upaya menyapa masyarakat untuk pendampingan dan menghidupkan usaha milik gampong yang belum berkembang.

“1H 2G itu artinya, kita dari dinas DPMG menyapa masyarakat untuk pendampingan BUMG di setiap gampong selama 1 Hari 2 Gampong,” Katanya Rabu lalu.

Ikhsan menjelaskan, sejauh ini dari 604 Gampong di Aceh Besar ada sekitar 558 BUMG milik gampong yang saat ini sudah mulai maju dan berkembang dan 46 BUMG belum aktif.

“Ada sekitar 558 BUMG di Aceh Besar saat ini, alhamdulillah kondisinya sedang berkembang dan terus kita bantu pendampingannya agar terus maju,” Terangnya.

Menurutnya, program 1H 2G ini tidak hanya mendampingi namun sifatnya lebih kepada pembinaan kepada BUMG yang belum berkembang atau bahkan gampong yang belum memiliki usaha.

“Sifatnya tidak hanya mendampingi saja, tapi kita lebih fokus kepada pembinaan BUMG yang berkembang atau kepada gampong yang tidak memiliki badan usaha,” Sebut Ikhsan.

Ia menjelaskan, memang sejauh ini belum ada BUMG yang sudah maju, namun saat ini di Aceh Besar sedang tumbuh dan berkembang.

“Ya secara perkembangan kita sudah mulai bagus lah, kalau yang maju sekali memang belum ada. Ada beberapa gampong seperti Blangkrung, Tanjong dan Lhoong yang BUMG nya sudah bagus,” Ujar Ikhsan.

“Ada sekitar 48 BUMG yang sudah berkembang, mereka memiliki banyak unit usaha yang di buka, badan usaha gampong yang memiliki 3 sampai 13 unit usaha, jadi semakin banyak unit usaha yang di buka maka BUMG tersebut akan berkembang,46 gampong ini terus kita dorong untuk menghidupkan bumg dan segera membentuk pengurus dan penyertaan modal ” imbuhnya lagi. (Adv)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button