judul gambar
Budaya

Budaya Leluhur Yang Terancam Punah

ABN.Id| Banda Aceh – Tampak sejumlah warga di salah satu daerah sedang mempersiapkan layang layang. Budaya main layang layang ini merupakan salah satu permainan rakyat yang kini mulai pudar di lingkungan masyarakat.

Layang -layang biasanya di mainkan pada musim timur, karena terdapat hembusan angin yang panjang dan rutin. Budaya layang -layang tersebut, tidak jarang dijadikan sebagai ajang pertanding (lomba) baik antar lingkungan maupun antar desa dan budaya layang- layang ini selain sebagai bentuk khasanah budaya turun temurun juga menjadi salah satu bagian kecil dari olahraga.

Aktivitas kegiatan main layang layang tersebut kini sudah jarang ditemukan di lingkungan masyarakat baik di pendesaan maupun kota. Barang kali ini adalah salah satu bukti pergeseran budaya mulai terjadi di lingkungan masyatakat.

Apa lagi, saat ini masyarakat banyak diaibukan oleh gadget yang didukung oleh jaringan internet dan ragam permainan. Semoga budaya layang -layang ini tidak punah ditelan oleh zaman dan perkembangan teknologi, sebab dari kegiatan layang-layang tersebut terkemas sejumlah gambaran kehidupan masyarakat yang semestinya dilestarikan hingga sepanjang zaman. (Redaksi)

Penulis : Dahlan
Editor: Candra D

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button