judul gambar
DaerahPendidikan

Bahas Soal Sidang Pengadilan Secara Online, Prodi Hukum FISIP UTU Gelar EKSEPSI

Berita Nasional Aceh – Aceh Barat| Program Studi Ilmu Hukum FISIP UTU Meulaboh, Aceh Barat melaksanakan Edukasi Seputar Regulasi (EKSEPSI) Edisi IV dengan tema “Efektifitas dan Tantangan Persidangan secara Online di Masa Pandemi” yang berlangsung di ruang Laboratorium Peradilan Semu kampus setempat, Kamis (24/6).

Kegiatan tersebut menghadirkan Rangga Lukita Desnata, S.H., M.H. (Hakim PN Suka Makmue) sebagai narasumber. Kegiatan EKSEPSI ke IV ini dipimpin oleh moderator Jalaluddin, S.H., M.H. (Dosen Prodi Ilmu Hukum FISIP UTU) dan diikuti oleh Dosen dan mahasiswa Prodi dimaksud.

Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan dasar hukum pelaksanaan sidang secara online di masa pandemi, baik dalam hal efektifitas maupun tantangan yang muncul dalam pelaksanaannya. Umumnya, beberapa permasalahan yang masih dijumpai dalam pelaksanaan sidang secara online dimaksud, antara lain : akses pendampingan hukum bagi terdakwa masih terkendala.

“Pendamping hukum tidak dapat memastikan bahwa Saksi-saksi yang dihadirkan dan dimintai keterangan dapat memberikan keterangan secara bebas dan tanpa intervensi pihak lain serta kondisi sarana pendukung pelaksanaan persidangan juga berpotensi terganggu, misalnya jaringan internet dan listrik yang tidak maksimal,” kata Rangga.

Sementara Ketua Prodi Ilmu Hukum FISIP UTU, Nila Trisna, S.H, M.H, kepada media ini mengatakan bahwa EKSEPSI merupakan diskusi bulanan yang rutin dilaksanakan 1 (satu) bulan sekali yang dilaksanakan secara rutin sejak April 2021.

“Bahkan, bila terdapat isu yang dianggap relevan dan strategis, maka tidak tertutup kemungkinan EKSEPSI dilaksanakan lebih dari 1 (satu) kali setiap bulannya,” katanya.

“EKSEPSI Edisi I kita laksanakan pada 28 April dengan tema “Hak Gugat Warga Negara melalui Mekanisme Class Action, Legal Standing, dan Citizen Law Suit”. Edisi II dilaksanakan dalam bentuk talkshow dengan tema “Profil Program Studi Ilmu Hukum FISIP UTU” pada awal Mei 2021. Pada 8 Juni 2021 yang lalu dilaksanakan EKSEPSI Edisi III dengan tema “Keberlanjutan Pembangunan Perdamaian Positif di Aceh”, serta Edisi IV membahas tema “Efektifitas dan Tantangan Persidangan secara Online di Masa Pandemi” demikian Jelasnya.

Kegiatan EKSEPSI ke IV ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan photo bersama dengan peserta dan narasumber. (Redaksi)

Penulis : Dahlan
Editor : Zulfikar
Sumber : rilis

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button