judul gambar
DaerahPemerintahan

Gubernur Sulbar Serahkan Bantuan Internet Satelit di Pana

BeritaNasional.ID, POLMAN – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar melakukan kunjungan sekaligus menyerahkan bantuan intertet satelit di Desa Manipi, Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa, Jumat, 18 Desember 2020.Desa Manipi, Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa, salah satu daerah di Sulbar yang masih sangat terisolir karena akses jalan yang masih sangat rusak, dan warga belum dapat mengakses jaringan telekomunikasi. Bantuan internet desa merupakan salah satu program Mandiri Cerdas Sehat (Marasa) dari Gubernur Sulbar

“Gunakan sebaik-baiknya, kita harap dengan Internet ini membantu masyarakat mendapatkan akses informasi. Pemprov hanya menanggung selama sepuluh bulan, setelah itu pemerintah desa yang melanjutkan,” sebut Ali Baal.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo) Sulbar Safaruddin Sanusi mengatakan, pihaknya melakukan intervensi dengan menghubungkan jaringan internet ke desa-desa terpencil.

Untuk melancarkan bantuan internet itu, pihaknya bekerja sama dengan Icon Plus yang mampu memfasilitasi kabel hingga ke daerah pedalaman. Hanya saja, untuk tahun.

2021 menargetkan dua titik penempatan intenet satelit, Kecamatan Pana dan Pulau Ambo Kecamatan Kepulauan Balabalakang. Dua daerah tersebut jangkauannya cukup jauh, membutuhkan jangkauan panjang menarik kabel dari pihak Icon Plus, serta menguras dana cukup banyak.

” Pemprov Sulbar akan terus berupaya mencari solusi terbaik. Karenanya di dua titik itu pemprov Sulbar mengandalkan Internet Satelit, yang bebannya tidak terlalu besar dibandingkan harus menarik kabel ke daerah tersebut. Jadi kita gunakan Internet Satelit, Untuk biaya data, sementara kita yang tanggung dan selanjutnya dikelola oleh desa,” tuturnya.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar , Mustari Mula menambakan, internet yang diserahkan merupakan koneksi satelit via VSAT (Very Small Aperture Terminal). Ditargetkan sudah dapat beroperasi Februari 2021 mendatang.

“Pada dasarnya bantuan ini bertujuan untuk membantu desa terpencil agar tidak terkucil dari akses informasi,” ungkapnya. (farid)

Show More

Related Articles

Back to top button