judul gambar
NasionalPemerintahanReligi

5 Sapi Kurban Paling Berat Sumbangan Presiden Indonesia dari Waktu ke Waktu

Berita Nasional Aceh- Jakarta| Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah dan Pelaksanaan Kurban, setiap tahunnya Presiden Republik Indonesia selalu membeli sapi untuk dijadikan hewan kurban.

Rutinitas pembelian ini dilakukan oleh Sekretariat Istana Kepresidenan, yang kemudian diserahkan menjadi sumbangan ke masyarakat di berbagai belahan daerah, melalui panitia-panitia penyembelihan hewan kurban. Melalui seleksi pemeriksaan kesehatan yang ketat oleh dinas peternakan, biasanya sapi-sapi yang dipilih presiden memiliki bobot yang besar serta harga jual yang tinggi.

Berikut deretan sapi kurban dengan berat luar biasa, yang disumbangkan oleh presiden-presiden Indonesia dari waktu ke waktu, yang berhasil dikumpulkan tim litbang MNC Portal:

1. Sapi Kurban 1,8 Ton Presiden SBY untuk Masjid Istiqlal

Pada tahun 2010 tepatnya pada Hari Raya Idul Adha 1431 H, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Wakil Presiden Boediono menyumbangkan sapi sebagai hewan kurban dengan bobot yang fantastis.

Kedua pimpinan negara ini menyerahkan sapi dengan berat sekitar 1,8 ton (milik Bapak SBY) dan 1,2 ton (milik Bapak Boediono). Masjid Istiqlal Jakarta yang pada saat itu telah menerima 17 ekor sapi dan 312 ekor kambing, mendapatkan secara simbolis dua ekor sapi super milik Presiden dan Wakil Presiden yang diwakili oleh Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal. Usai proses penyembelihan, daging kurban tersebut dibagikan kepada kaum mustahik.

2. Sapi Limosin 1,7 Ton Sumbangan Presiden Jokowi

Masjid Istiqlal kembali menerima sapi sebagai hewan kurban yang diserahkan RI 1. Sapi ini berupa jenis limosin dengan berat 1,7 ton yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2019.

Berbarengan dengan sapi pemberian Wakil Presiden Jusuf Kalla yang seberat 1,2 ton, jenis sapi limosin kedua pimpinan negara ini berusia 3,5 tahun.

Pada pelaksanaan kurban di tahun itu, terdapat beberapa tokoh lain yang menyalurkan hewan kurban ke Masjid Istiqlal, antara lain Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

3. Terbesar se-Indonesia, Jokowi Salurkan Sapi Kurban 1,3 Ton untuk NTB dan Sumbar

Menyambut kurban di Hari Raya Idul Adha 1441 H, Presiden Jokowi memberikan sapi jenis simental seharga Rp 130 juta. Sapi yang disumbangkan kepada masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat itu dinobatkan sebagai sapi kurban terbesar se-Indonesia di tahun itu, dengan bobot 1,3 ton.

Sapi yang dibeli dari warga Desa Sukamulia, Lombok Timur itu sudah lolos proses seleksi dan pengecekkan kesehatan oleh Balai Besar Veteriner (BBVET) Denpasar.

Di lain daerah, sapi kurban jenis simental seberat 1,3 ton juga diamalkan oleh Presiden Jokowi untuk disembelih di Masjid Raya Sumbar, Sumatera Barat pada Hari Raya Idul Adha 1442 H. Sapi ini dikabarkan bernama Macan Sumatera, yang berasal dari Nagari Gadut.

4. Sapi Dibandrol dengan Harga Rp125 Juta Pemberian Jokowi

Menjelang Pelaksanaan Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H, Presiden Jokowi kembali lagi menghibahkan sapi kurban jenis simental dengan berat 1,25 ton untuk Pulau Sumbawa.

Setelah lolos pemeriksaan kesehatan, sapi ini diberikan harga sebesar Rp 125 Juta. Pemilik ternak asal Desa Lendang Batu ini mengaku menjadi langganan Bapak Jokowi tiap perayaan Idul Adha.

Sapi yang disumbangkan oleh Bapak Presiden ini berusia 4 tahun. Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga sempat memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng, dengan menyumbangkan sapi kurban jenis Limosin Simental dengan usia 3,5 tahun dan bobot 1,2 ton, menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H (27/7) Tahun lalu.

5. Sapi Berbobot 1.088 Kilogram dari Bapak Jokowi, dan Sapi dengan Berat 1.075 Kilogram dari Bapak SBY.

Pada Hari Raya Idul Adha 1441 H lalu, Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban sapi untuk disembelih kepada panitia Masjid Istiqlal, Jakarta.

Sapi berjenis peranakan ongole ini dikatakan berbobot 1.088 kilogram, yang berasal dari Tulang Bawang, Lampung.
Masih dalam kisaran bobot yang sama, untuk Idul Adha 1.435 H silam Presiden SBY juga menghibahkan sapi kurban lokal dengan berat 1.075 kilogram.

Sapi ini diberikan ke Masjid Istiqlal untuk dibagikan kepada yang berhak atau mustahik. Sapi yang disumbangkan ini berasal dari kawasan Tuban, Jawa Timur dengan usia sembilan tahun.

Presiden Joko Widodo Serahkan Sapi Kurban 1,2 Ton ke Masjid Istiqlal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1442 H kepada pihak Masjid Istiqlal, Jakarta. Hewan itu adalah sapi limosin dengan bobot 1,2 ton.

Informasi ini disampaikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin malam (19/7) Bobot persis sapi limosin cross Jokowi yang diserahkan ke Masjid Istiqlal adalah 1.199 kg.

Penyerahan hewan kurban dilangsungkan secara simbolis oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko, kepada Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal, K.H. Asep Syaifuddin.

Tiap provinsi dapat 1 sapi kurban Jokowi

Selain di Masjid Istiqlal, Presiden Jokowi berkurban di banyak tempat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

“Total sapi yang dipersiapkan ada 35 ekor, setiap provinsi (mendapat) satu ekor dan ada satu ekor untuk (Masjid) Istiqlal,” kata Heru.

Semua sapi kurban Presiden tersebut telah diperiksa oleh dokter hewan dan mendapatkan sertifikat kesehatan hewan yang menyatakan sapi tersebut sehat dan tidak menunjukkan adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

“Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan daerah,” kata Heru.

“Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk (menyediakan) sapi-sapi tersebut dan di bawah kontrol dokter hewan setempat,” tandasnya.

Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Presiden Joko Widodo sendiri diagendakan untuk melaksanakan salat sunah Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.(Redaksi)

Editor : Dahlan
Sumber: Berbagai

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button