judul gambar
Hukum

10 Orang WBP Rutan Jantho Dapat Asimilasi

Berita Nasional Aceh-Aceh Besar| Sebanyak 10 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara kelas II B Jantho memperoleh Asimilasi pada hari Selasa (3/8).

Pembebasan kepada 10 WBP dari sejumlah kasus sesuai dengan aturan Kemenkumham dan telah menjalani hukuman, hampir menyelesaikan hukuman sebagaimana yang ditetapkan oleh pengadilan sebelumnya. Pembebasan dilakukan oleh Kepala Rutan Jantho, Ir. Bambang Waluyo didampingi jajarangan di Rutan setempat.

Bambang Waluyo, Kepada media ini mengatakan bahwa

Pelaksanakan pengeluaran Narpidana dalam melaksakan program asimilasi dirumah itu berjumlah 10 orang dan telah memenuhi syarat administratif menurut Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi.

“Pelaksanaan program asimilasi di rumah tersebut diberikan kepada sebanyak 10 orang WBP dan mereka (WBP) telah memenuhi syarat administratif menurut Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 24 Tahun 2021,” kata Bambang Waluyo.

Menurut Bambang Waluyo, ada sejumlah persyaratan yang ditetapkan dalam aturan dimaksud sehingga seseorang dapat diberikan Asimilasi, diantaranya adalah Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 di dalam Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan Negara.

Kecuali itu, lanjut Bambang Rutan Jantho juga telah melakukan tahapan-tahapan yang telah ditentukan, dimulai dari proses kelengkapan berkas pidana, laporan perkembangan narapidana dari para walinya,tindak tanduk dan sikap baik selama menjalani pidana, penelitian kemasyarakatan dari Bapas Banda Aceh, sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan hingga terbitnya Surat Keputusan tentang Asimilasi Rumah.

“Proses memperoleh Asimilasi tersebut tidak serta merta, tapi melalui proses yang panjang dan melibatkan Bapas dan Tim pengamat, sehingga seseorang yang mendapatkan Asimilasi merupakan orang yang berhak mendapatkan Asimilasi dan memiliki kelakuan baik,” demikian jelas Bambang Waluyo.

Usai pelepasan pembebasan kepada 10 orang Warga Binaan Pemasyarakat Rutan Jantho yang dilakukan oleh Ka rutan setempat, selanjutnya WBP di jemput oleh keluarga masing – masing ke Rutan setempat. (Redaksi)

Penulis: Dahlan
Editor : Chandra D

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button